x


Thursday 20 October 2011

kebaikan kopi


Siapa yang tak kenal kopi? Sebagian besar orang telah menjadikan kopi sebagai “minuman wajib”, sampai muncul istilah tanpa kopi di pagi hari, hidup terasa belum nikmat.
kopiDelapan puluh persen orang dewasa di dunia minum kopi sedikitnya sekali sehari. Satu cangkirkopi rata-rata mengandung 100-150 miligram (mg) kafein. Tahukah Anda, ternyata senyawa kafein secara alamiah yang terkandung di dalam kopi dan beberapa tanaman lain seperti teh dan coklat, memiliki kebaikan bagi tubuh kita. Salah satu kebaikannya adalah dapat menstimulasi kerja otak dan sistem saraf menjadi lebih kuat. Kopi juga dapat menjaga Anda merasa lebih berstamina.
Kebaikan KafeinPada organ otak, kafein bekerja dengan menghambat kerja fungsi adenosine. Salah satu yang membuat orang mudah tidur adalah peran senyawa adenosin dalam sel otak. Jika zat initerikat dengan reseptornya, secara otomatis memperlambat aktivitas sel tubuh, juga menyebabkan pembesaran pembuluh darah. Dikutip dari jurnal Neurology, kafein juga dapat menghambat rasa lelah dan meningkatkan kekuatan fisik. Cobalah mengkonsumsi kopi 15 atau 30 menit sebelum beraktivitas, maka kafein bisa membantu Anda merespon dan dengan tangkas mengolah memori pada otak. Wanita lanjut usia juga disarankan meminumk secangkir kopi secara rutin karena dipercaya dapat meningkatkan daya ingat.
Sebuah studi yang dilakukan kelompok peneliti dari Universitas Sao Paulo, Brasil menyebutkan pria yang rutin mengonsumsi secangkir kopi setiap paginya, memiliki kualitas sperma yang lebih baik dibanding pria yang tidak minum kopi di pagi hari. Kandungan kafein dalam kopi membantu sperma mampu berenang lebih cepat.
Fakta menarik lainnya, ternyata kopi juga baik untuk gigi. Asam klorogenik, asam nikotin dan trigonelin yang terkandung di dalam kopi membantu mencegah bakteri agar tidak melekat pada gigi sehingga menghindarkan gigi kita dari kerusakan. Kafein juga dapat menimbulkan perangsanganterhadap susunansaraf pusat (otak), sistem pernafasan, serta sistem pembuluh darah dan jantung. Hal inilah yang membuat tubuh kita terasa segar, bergairah, daya pikir lebih cepat, tidak mudah lelah ataupun mengantuk setelah ngopi.
Namun, kelebihan kadar kafein di dalam tubuh juga dapat mengganggu kesehatan. Efek negatifnya antara lain berupa sakit kepala, pegal otot, sulit tidur dan banyak buang air kecil.Dosis kafein yang dapat menimbulkan gangguan adalah bila lebih dari 500 mg kafein per hari atau setara 4-5 gelas kopi.

No comments:

Post a Comment